Alasan Mengapa Inggris Ingin Keluar Dari Uni Eropa?

PertanyaanKategori: EkonomiAlasan Mengapa Inggris Ingin Keluar Dari Uni Eropa?
C Sasmito tanya 2 bulan lalu
Per 1 Februari 2020 lalu, Inggris resmi keluar dari Uni Eropa, sebenarnya faktor utama apa hingga Inggris keluar dari Uni Eropa?

1 Jawaban
Raden Shinta dijawab 2 bulan lalu
Ratu Elizabeth II menggelar referendum untuk memutuskan bertahan atau keluar dari keanggotaan Uni Eropa (UE). Pemungutan suara ini dikenal dengan nama Brexit, singkatan dari ‘British Exit’.

Tiga alasan utama kaum anti-Uni Eropa ingin mewujudkan Brexit adalah mereka menilai kewenangan blok itu semakin mengikis kedaulatan Inggris terutama dalam menerapkan kebijakan luar negerinya. Mereka juga menilai kebijakan Uni Eropa menghambat pertumbuhan ekonomi Inggris sebagai negara ekonomi terbesar keenam di dunia, terutama dalam hal berbisnis.

Selain itu, masalah imigran menjadi salah satu pemicu Brexit. Salah satu prinsip Uni Eropa adalah pergerakan bebas setiap warga negara anggota. Warga Inggris bisa bekerja dan tinggal dengan mudah di negara Uni Eropa, begitu juga sebaliknya.

Kaum anti-Uni Eropa menilai kebebasan mobilisasi warga Eropa itu bisa mengancam peluang kerja bagi warga Inggris di dalam negeri.