apa itu indeks IDX30 dalam saham?

PertanyaanKategori: Sahamapa itu indeks IDX30 dalam saham?
Sonia Susanti tanya 8 bulan lalu
jelaskan apa itu indeks IDX30 dalam saham? apa saja keuntungandari indeks IDX30?

1 Jawaban
abadijaya dijawab 8 bulan lalu
Indeks IDX30 adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, dan fundamental perusahaan yang baik. Indeks ini diambil dari indeks LQ45, yang merupakan indeks saham paling likuid di Bursa Efek Indonesia (BEI). Indeks IDX30 diharapkan dapat menjadi acuan bagi investor dalam memilih saham-saham berkualitas dan berpotensi menghasilkan keuntungan.

Beberapa keuntungan dari indeks IDX30 adalah:

– Mencerminkan sentimen pasar secara lebih akurat, karena saham-saham yang masuk ke dalam indeks ini memiliki kriteria yang ketat dan selektif.
– Menjadi produk investasi pasif, seperti reksa dana indeks, exchange traded fund (ETF) indeks, dan produk turunan lainnya.
– Menjadi benchmark atau tolak ukur bagi portofolio aktif, yaitu portofolio yang dikelola oleh manajer investasi profesional.
– Menjadi proksi atau pengganti untuk mengukur dan membuat model pengembalian investasi (return), risiko sistematis, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko.
– Menjadi proksi untuk kelas aset pada alokasi aset, yaitu strategi untuk menentukan proporsi investasi pada berbagai jenis aset seperti saham, obligasi, dan kas.