Apa itu Pola Rising Wedge dan Falling Wedge?

PertanyaanKategori: Indikator ForexApa itu Pola Rising Wedge dan Falling Wedge?
Nugroho Saja tanya 6 hari lalu
Banyak sekali indikator dan pola yang digunakan dalam analisa teknikal. Salah satunya pola wedge, lalu apa itu pola rising wedge dan pola falling wedge?

1 Jawaban
Trader Anyaran dijawab 5 hari lalu
Pola wedge adalah garis tren konvergen yang terdiri dari dua garis tren. Kedua garis tren terbentuk dengan menghubungkan setiap titik tertinggi dari candlestick dan masing-masing titik terendah dari candlestick. Wedge pattern sendiri memiliki dua bentuk pola candlestick, yaitu rising wedge dan falling wedge.
 
Pola rising wedge adalah indikator teknikal yang menandakan terjadinya pembalikan harga ke arah tren bearish. Potensi penurunan harga aset diprediksi lebih besar setelah menembus garis tren bawah.
 
Pola ini biasanya dijumpai ketika harga aset sedang bergerak naik, di mana garis support (garis tren bawah) dan resistance (garis tren atas) membentuk tren miring ke atas menuju satu titik (apex).
 
Sedangkan pola falling wedge yaitu kebalikan dari pola rising wedge di mana pola ini mengindikasikan pergerakan bullish dari sebuah aset. Biasa ditemui di ujung downtrend harga aset, pola ini dibentuk dengan garis support dan resistance yang sama-sama mengarah ke bawah. Namun, pergerakan turun garis resistance relatif lebih curam dibandingkan garis support-nya.