Apa itu risk capital?

PertanyaanKategori: Money ManagementApa itu risk capital?
Nugroho Saja tanya 11 bulan lalu
Jelaskan apa itu risk capital?

2 Jawaban
Sonia Susanti dijawab 11 bulan lalu
Risk capital adalah dana yang dialokasikan untuk aktivitas spekulatif dan digunakan untuk investasi berisiko tinggi dan berpotensi menghasilkan keuntungan besar. Risk capital juga bisa merujuk pada dana yang diinvestasikan dalam startup yang menjanjikan, tetapi belum terbukti. Risk capital tidak sama dengan capital at risk (CaR), yang merujuk pada dana yang disisihkan untuk menutup risiko (seperti melalui asuransi atau lindung nilai).

Risk capital biasanya digunakan untuk investasi spekulatif dalam saham murah, angel investing, pinjaman pribadi, perdagangan berjangka dan opsi, ekuitas swasta, perdagangan harian dan swing trading saham dan komoditas. Investasi-investasi ini memiliki prospek yang tidak pasti, meskipun imbal hasilnya bisa jauh di atas rata-rata jika investasi berhasil.

Investor harus bersedia kehilangan seluruh atau sebagian risk capital mereka, karena itu risk capital sebaiknya hanya menyumbang 10% atau kurang dari portofolio ekuitas investor. Investor yang berpengalaman dengan toleransi risiko tinggi mungkin mengalokasikan seperempat atau lebih portofolionya untuk investasi berisiko tinggi. Namun, investasi yang dibuat dengan risk capital harus diimbangi dengan investasi yang lebih stabil dan terdiversifikasi, sehingga investor tidak menghadapi kemungkinan kehilangan seluruh portofolionya.

Risk capital juga harus disesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasi investor. Investor yang lebih menghindari risiko harus memiliki proporsi risk capital yang lebih rendah dalam portofolio total mereka. Investor muda, karena memiliki cakrawala investasi yang panjang, bisa memiliki proporsi risk capital yang sangat signifikan dalam portofolio mereka, tetapi pensiunan biasanya tidak nyaman dengan proporsi risk capital yang tinggi.

Rengkah dijawab 11 bulan lalu
risk capital adalah resiko modal yang harus diterima seorang trader ataupun investor untuk mencetak profit atas suatu transaksi