Apakah Margin Call Berkaitan dengan Leverage?

PertanyaanKategori: Akun ForexApakah Margin Call Berkaitan dengan Leverage?
Yoski Afnam tanya 1 tahun lalu
Margin call adalah keadaan di mana broker meminta trader untuk menambah dana pada akun trading. Apakah margin call berkaitan dengan leverage?

1 Jawaban
Christa Wjaya dijawab 1 tahun lalu
Margin call berkaitan dengan leverage karena semakin tinggi leverage yang digunakan, semakin kecil margin yang dibutuhkan, tetapi semakin besar risiko margin call jika harga bergerak berlawanan dengan arah posisi trading. Untuk menghindari margin call, trader harus memperhatikan besarnya margin level, yaitu rasio antara ekuitas dengan margin yang digunakan.

Ekuitas adalah nilai akun trading setelah dikurangi dengan profit atau loss yang belum direalisasi. Margin level menunjukkan seberapa banyak sisa dana yang tersedia untuk membuka posisi baru atau menahan kerugian. Jika margin level turun di bawah batas tertentu (biasanya 100% atau 50%), maka broker akan menutup sebagian atau seluruh posisi trading secara otomatis untuk mencegah kerugian lebih lanjut. Ini disebut stop out. Oleh karena itu, trader harus memilih leverage yang sesuai dengan modal dan strategi trading mereka, serta mengelola risiko dengan baik menggunakan stop loss, take profit, dan money management.