Apakah PPKM Darurat Berdampak Ke Pasar Saham?

PertanyaanKategori: SahamApakah PPKM Darurat Berdampak Ke Pasar Saham?
Seno Arjuna tanya 2 minggu lalu
Ada isu PPKM Darurat bakal diperpanjang, apakah dampaknya jika PPKM Darurat ke pasar saham?

2 Jawaban
Raden Shinta dijawab 2 minggu lalu
Secara global, dengan adanya PPKM Darurat apalagi ada kemungkinan PPKM akan diperpanjang pasti akan berdampak. Namun tidak semua sektor saham terdampak dengan adanya kebijakan PPKM ini.
 
Saat muncul wacana tersebut beberapa hari lalu, IHSG sempat melemah. Namun, dengan pengumuman resmi, PPKM ini tentu untuk meredam pandemi, yang dibarengi dengan program vaksinasi. Ini menjadi harapan dan sentimen yang baik bagi pasar
 
Adapun sektor yang berpotensi menguat adalah sektor kesehatan yang meliputi farmasi, alat kesehatan, dan rumah sakit.

Agung Gatot dijawab 2 minggu lalu
Walaupun Rencana perpanjangan PPKM Darurat ini belum diumumkan secara resmi, tentu akan berdampak apalagi kalau ternyata target yang ingin dicapai meleset dari perkiraan.
 
Melihat hal tersebut, banyak investor yang mengamankan asset nya ke dalam asset safe heaven selama masa PPKM, dan efek nya dapat mengakibatkan indeks saham di banyak perusahaan dalam negeri dapat menurun. Terlebih lagi pemulihan dari masa pandemi ini belum dapat ditentukan waktunya.
 
Menurut saya, setiap kebijakan pasti ada sisi positif dan negatifnya, namun harus tetap ada yang diprioritaskan. Jelas PPKM dapat menimbulkan permasalahan di bidang perekonomian, di sisi lain kebijakan ini harus diambil dengan harapan interaksi antar masyarakat berkurang bahkan tidak ada, dengan demikian pandemi ini dapat berkurang atau bahkan terputus.