bagaimana pola pikir trader profesional saat mengalami loss atau profit?

PertanyaanKategori: Psikologi Forexbagaimana pola pikir trader profesional saat mengalami loss atau profit?
Agung Gatot tanya 12 bulan lalu
bagaimana pola pikir trader profesional saat mengalami loss atau profit?

1 Jawaban
Christa Wjaya dijawab 12 bulan lalu
Pola pikir trader profesional saat mengalami loss atau profit adalah pola pikir yang realistis, disiplin, dan objektif. Mereka tidak terlalu emosional atau terbawa euforia saat trading, tetapi selalu mengikuti rencana dan strategi trading yang telah ditetapkan sebelumnya.

Berikut adalah beberapa pola pikir trader profesional yang dapat Anda pelajari:

– Jangan terlalu khawatir tentang berita dan fundamental perdagangan: trader profesional tidak mudah terpengaruh oleh rumor atau berita yang beredar di pasar. Mereka lebih mengandalkan analisis teknikal dan price action untuk menentukan entry dan exit point yang tepat.
– Jangan tamak: trader profesional tidak mengejar keuntungan besar dalam waktu singkat, tetapi lebih fokus pada konsistensi dan kualitas trading. Mereka juga tidak memaksakan diri untuk masuk ke pasar jika tidak ada sinyal atau peluang yang jelas.
– Menganggap trading sebagai bisnis bukan judi: trader profesional memperlakukan trading sebagai aktivitas bisnis yang serius dan profesional. Mereka memiliki trading plan, manajemen risiko, dan evaluasi kinerja yang terstruktur dan terukur. Mereka juga selalu belajar dan meningkatkan kemampuan trading mereka.
– Berani mengambil risiko: trader profesional menyadari bahwa trading adalah aktivitas yang berisiko dan tidak ada jaminan keberhasilan. Mereka bersedia mengambil risiko yang sesuai dengan modal dan tujuan trading mereka, tetapi juga tahu kapan harus cut loss atau take profit.
– Seimbangkan emosional: trader profesional tidak mudah panik, marah, atau frustasi saat mengalami loss atau profit. Mereka bisa mengendalikan emosi mereka dan tetap tenang saat trading. Mereka juga tidak terlalu sering memeriksa posisi trading mereka, tetapi lebih percaya diri dengan keputusan yang telah dibuat.