Pola candle rejection

PertanyaanKategori: Indikator ForexPola candle rejection
Nugroho Saja tanya 3 bulan lalu
Apa itu pola candle rejection dan bagaimana cara trading dengan pola ini?

1 Jawaban
arinish dijawab 3 bulan lalu
Pola candle rejection adalah pola candlestick di mana harga mencapai level tertinggi atau terendah dalam suatu trend namun kemudian berbalik arah dengan cepat. Hal ini menunjukkan adanya penolakan (rejection) dari level tersebut, sehingga biasanya dianggap sebagai sinyal pembalikan arah yang cukup kuat.

Cara trading dengan pola ini adalah sebagai berikut:

– Cari pola candle rejection yang terbentuk di dekat level support atau resistance yang signifikan. Level ini bisa berupa garis horizontal, trendline, Fibonacci retracement, atau pivot point.
– Pastikan pola candle rejection memiliki shadow atau ekor yang panjang dan body yang kecil. Semakin panjang shadow dan semakin kecil body, semakin kuat sinyalnya.
– Tunggu candle berikutnya untuk konfirmasi. Jika candle berikutnya bergerak ke arah yang sama dengan shadow pola candle rejection, maka itu adalah konfirmasi sinyal. Jika tidak, maka abaikan sinyal tersebut.
– Masuk posisi sesuai dengan arah sinyal. Misalnya, jika pola candle rejection bearish (harga ditolak di level resistance), maka masuk posisi sell. Jika pola candle rejection bullish (harga ditolak di level support), maka masuk posisi buy.
– Atur stop loss di atas atau di bawah level support atau resistance yang ditolak. Atur target profit sesuai dengan risk-reward ratio yang diinginkan.