Apa Dampak Jika Dollar AS Tergantikan?

PertanyaanKategori: EkonomiApa Dampak Jika Dollar AS Tergantikan?
Nugroho Saja tanya 1 tahun lalu
Apa dampak jika dollar AS tergantikan sebagai mata uang cadangan dunia?

1 Jawaban
Christa Wjaya dijawab 1 tahun lalu
Jika dollar AS tergantikan sebagai mata uang internasional, maka akan ada dampak yang signifikan bagi perekonomian dunia. Beberapa dampak yang mungkin terjadi antara lain:

– Amerika Serikat akan kehilangan keuntungan dari status dollar AS sebagai mata uang cadangan dunia, seperti kemudahan mencetak uang dan membiayai defisit anggaran.
– Negara-negara yang bergantung pada perdagangan dengan Amerika Serikat atau memiliki cadangan devisa dalam bentuk dollar AS akan mengalami kerugian akibat penurunan nilai tukar dollar AS.
– Negara-negara yang memiliki hubungan dagang dengan negara-negara yang menggunakan mata uang baru, seperti BRICS, akan mendapatkan keuntungan dari stabilitas dan diversifikasi mata uang internasional.
– Perdagangan global akan menjadi lebih efisien dan adil, karena tidak ada negara yang dapat mengontrol atau memanipulasi nilai tukar mata uang internasional.
– Sistem keuangan internasional akan menjadi lebih demokratis dan inklusif, karena tidak ada negara yang dapat memberlakukan sanksi ekonomi atau politik melalui penggunaan dollar AS.