Apa Dampak Bangkrutnya Silicon Valley Bank?

PertanyaanKategori: EkonomiApa Dampak Bangkrutnya Silicon Valley Bank?
Sonia Susanti tanya 1 tahun lalu
Apa dampak bangkrutnya Silicon Valley Bank bagi Indonesia?

2 Jawaban
Christa Wjaya dijawab 1 tahun lalu
Dampak kebangkrutan Silicon Valley Bank (SVB) bagi Indonesia bisa dilihat dari beberapa aspek. Berikut adalah beberapa dampak yang saya temukan dari sumber berita:

– Dampak langsung terhadap industri perbankan Indonesia sangat kecil karena tidak ada hubungan bisnis atau investasi di produk sekuritisasi SVB. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan bahwa kondisi perbankan Indonesia saat ini sangat kuat dan stabil.
– Dampak tidak langsung terhadap startup Indonesia juga relatif kecil karena sebagian besar startup Indonesia didanai oleh modal ventura lokal atau regional. Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) mengatakan bahwa hanya ada sekitar 10 persen startup Indonesia yang mendapat pendanaan dari SVB atau modal ventura afiliasinya.
– Dampak potensial terhadap perekonomian Indonesia bisa berasal dari ketidakpastian global yang ditimbulkan oleh kebangkrutan SVB. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pemerintah akan memonitor secara detail dampak tersebut dan melakukan langkah antisipatif jika diperlukan. Salah satu risiko yang harus diwaspadai adalah kenaikan suku bunga The Fed yang bisa memicu arus keluar modal asing dari pasar keuangan Indonesia.

jimmy dijawab 1 tahun lalu
dengan kapasitas bank sebesar ini efeknya akan terjadi secara besar dan sistemik secara internasional