apa faktor yang menggerakkan harga minyak dunia?

PertanyaanKategori: Ekonomiapa faktor yang menggerakkan harga minyak dunia?
Nugroho Saja tanya 1 tahun lalu
Harga minyak dunia dipengaruhi oleh berbagai faktor, apa saja faktor yang menggerakkan harga minyak dunia?

2 Jawaban
Gita Novalia dijawab 1 tahun lalu
Harga minyak dunia dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari sisi permintaan maupun penawaran. Beberapa faktor yang sering mempengaruhi harga minyak dunia antara lain:

– Kebijakan negara anggota OPEC (Organization of The Petroleum Exporting Countries), yang merupakan organisasi tempat bernaungnya negara-negara penghasil minyak di dunia. OPEC dapat menetapkan kuota produksi minyak untuk mengatur pasokan dan harga minyak di pasar global.

– Situasi negara-negara penghasil minyak, terutama di Timur Tengah yang memiliki 62% persediaan minyak dunia. Konflik politik dan keamanan di kawasan ini dapat mengganggu produksi dan distribusi minyak, sehingga menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga minyak.

– Kondisi perusahaan-perusahaan minyak, baik yang bergerak di sektor hulu (eksplorasi dan produksi) maupun hilir (pengolahan dan pemasaran). Perusahaan-perusahaan ini dapat mengalami masalah teknis, kecelakaan, atau bencana alam yang dapat mempengaruhi operasional dan kapasitas produksi mereka.

– Konflik antar negara, terutama yang melibatkan negara-negara konsumen besar minyak seperti AS, China, India, dan Eropa. Konflik ini dapat meningkatkan ketidakpastian dan ketegangan geopolitik, sehingga memicu spekulasi dan permintaan akan minyak sebagai aset lindung nilai.

– Permintaan minyak dunia, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti pertumbuhan ekonomi, kebijakan energi, perubahan iklim, teknologi baru, dan preferensi konsumen. Permintaan minyak dunia cenderung meningkat seiring dengan perkembangan industri dan transportasi di berbagai negara.

Belalang dijawab 1 tahun lalu
harga minyak dunia sangat bersifat volatile terutama karena perang di negara penghasil  minyak, embargo dan krisis ekonomi