Apa Perbedaan Utama Redenominasi, Sanering, dan Devaluasi?

PertanyaanKategori: EkonomiApa Perbedaan Utama Redenominasi, Sanering, dan Devaluasi?
Sonia Susanti tanya 1 bulan lalu
Baru-baru ini ada berita mengenai redenominasi. Apakah redenominasi sama halnya dengan sanering atau devaluasi?

1 Jawaban
gotit1976 dijawab 1 bulan lalu
Menteri Keuangan Indonesia yaitu Sri Mulyani Indrawati menegaskan kepada masyarakat bahwa redenominasi berbeda dengan sanering yang pernah dilakukan pada tahun 1959.

Redenominasi berarti menyederhanakan pecahan mata uang dengan mengurangi digit nol tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Sedangkan sanering adalah pemotongan nilai uang, sehingga terjadi penurunan daya beli masyarakat.

Devaluasi mengacu pada nilai tukar dengan mata uang asing. Prosesnya tidak jauh berbeda. Devaluasi dilakukan karena ada kecenderungan penurunan nilai tukar mata uang lokal dengan mata uang asing.

Tujuan pemerintah melakukan devaluasi karena ingin memperbaiki posisi balance of payment, balance of trade, dan balance of equilibrium. Selain itu juga pemerintah berupaya agar nilai ekspor lebih tinggi dibanding impor, serta mendorong peningkatan produksi di dalam negeri.

Dalam jangka pendek, proses devaluasi diharapkan mampu membuat nilai tukar mata uang berlangsung dalam kondisi stabil. Sehingga perekonomian secara makro dapat berlangsung lebih lancar.