Apa saja yang mempengaruhi pergerakan Dollar AS?

PertanyaanKategori: EkonomiApa saja yang mempengaruhi pergerakan Dollar AS?
Agung Gatot tanya 11 bulan lalu
Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan Dollar AS?

1 Jawaban
Christa Wjaya dijawab 11 bulan lalu
Dollar AS adalah mata uang yang paling banyak digunakan dan diperdagangkan di dunia. Pergerakan dollar AS mempengaruhi banyak aspek ekonomi, seperti harga komoditas, suku bunga, dan perdagangan internasional. Dollar AS juga merupakan mata uang cadangan global, yang berarti banyak negara dan lembaga menyimpan sebagian besar cadangan devisa mereka dalam bentuk dollar AS.

Ada banyak faktor yang menyebabkan dollar AS bergerak, baik naik maupun turun. Beberapa faktor utama yang mempengaruhi nilai dollar AS adalah:

– Faktor ekonomi. Faktor ekonomi mencakup inflasi, suku bunga, pertumbuhan ekonomi, neraca perdagangan, dan kebijakan moneter. Secara umum, jika kondisi ekonomi AS baik, maka nilai dollar AS akan meningkat. Sebaliknya, jika kondisi ekonomi AS buruk, maka nilai dollar AS akan menurun.
– Faktor politik. Faktor politik mencakup stabilitas politik, kebijakan fiskal, perang, sanksi, dan hubungan internasional. Secara umum, jika kondisi politik AS stabil, maka nilai dollar AS akan meningkat. Sebaliknya, jika kondisi politik AS tidak stabil, maka nilai dollar AS akan menurun.