Apa yang Dimaksud dengan Trade War Currency?

PertanyaanKategori: EkonomiApa yang Dimaksud dengan Trade War Currency?
Ari Wibowo Wibowo tanya 1 tahun lalu
Apa yang Dimaksud dengan Trade War Currency?

1 Jawaban
AKang Mustiko dijawab 1 tahun lalu
Trade war currency adalah suatu kondisi di mana negara-negara bersaing untuk menurunkan nilai mata uang mereka dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing ekspor mereka di tengah perang dagang. Perang mata uang biasanya dilakukan dengan cara mengintervensi pasar valas melalui kebijakan moneter yang ekspansif, seperti menurunkan suku bunga, mencetak uang baru, atau membeli aset asing.

Perang mata uang dapat berdampak negatif bagi perekonomian global, karena dapat menimbulkan ketidakstabilan nilai tukar, inflasi, deflasi, dan perlambatan pertumbuhan. Perang mata uang juga dapat memicu retaliasi dari negara-negara lain yang merasa dirugikan oleh devaluasi mata uang pesaingnya.

Salah satu contoh perang mata uang terjadi antara Amerika Serikat dan China dalam konteks perang dagang yang berlangsung sejak 2018. Amerika Serikat menuduh China melakukan manipulasi mata uang dengan menjaga nilai yuan rendah agar produk-produk China lebih murah di pasar internasional. China membantah tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa nilai yuan ditentukan oleh mekanisme pasar dan dipengaruhi oleh ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat. Perang mata uang antara kedua negara ini telah menyebabkan fluktuasi nilai tukar dolar AS terhadap yuan dan mempengaruhi aktivitas perdagangan forex di seluruh dunia.