Apakah suku bunga merupakan kewenangan bank sentral?

PertanyaanKategori: EkonomiApakah suku bunga merupakan kewenangan bank sentral?
Abdul Ghani tanya 1 tahun lalu
Apakah suku bunga merupakan kewenangan bank sentral? dan bagaimana bank sentral mengatur kebijakan suku bunga?

2 Jawaban
Putri Cikita dijawab 1 tahun lalu
Suku bunga merupakan salah satu instrumen kebijakan moneter yang menjadi kewenangan bank sentral. Bank sentral dapat menaikkan atau menurunkan suku bunga diskonto untuk memengaruhi jumlah uang yang beredar di masyarakat. Bank sentral juga dapat mengintervensi suku bunga untuk menstabilkan nilai tukar mata uang asing.

Bank sentral mengatur kebijakan suku bunga dengan menggunakan beberapa instrumen kebijakan moneter. Beberapa instrumen tersebut antara lain:

– Program operasi pasar terbuka: Bank sentral membeli atau menjual surat berharga pemerintah untuk menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar.
– Kebijakan diskonto: Bank sentral menaikkan atau menurunkan suku bunga diskonto yang dikenakan kepada bank umum yang meminjam dari bank sentral.
– Pengaturan cadangan kas: Bank sentral menetapkan persentase minimum dari dana pihak ketiga yang harus disimpan oleh bank umum di bank sentral.
– Kebijakan kredit ketat: Bank sentral memberlakukan persyaratan kredit yang lebih ketat kepada bank umum untuk mengendalikan permintaan kredit.
– Strategi dorongan moral: Bank sentral memberikan sinyal atau anjuran kepada bank umum untuk menyesuaikan suku bunga kredit atau deposito sesuai dengan kebijakan moneter.

Selain itu, bank sentral juga melakukan koordinasi dengan pemerintah dan otoritas lain untuk menjaga stabilitas moneter dan pasar keuangan, serta mengintervensi nilai tukar mata uang asing jika diperlukan.

indobroker dijawab 1 tahun lalu
tentu saja suku bunga disemua negara diatur di bank central masing masingĀ