Bagaimana Korelasi Harga Emas dengan Minyak?

PertanyaanKategori: EkonomiBagaimana Korelasi Harga Emas dengan Minyak?
Budi Pamungkas tanya 9 bulan lalu
Bagaimana korelasi harga emas dengan minyak? Mengapa korelasi harga emas dengan minyak positif?

2 Jawaban
Christa Wjaya dijawab 9 bulan lalu
Korelasi harga emas dengan minyak adalah hubungan yang menunjukkan seberapa besar pengaruh perubahan harga minyak terhadap perubahan harga emas. Secara umum, korelasi harga emas dengan minyak adalah positif, artinya jika harga minyak naik, maka harga emas cenderung naik juga, dan sebaliknya.

Ada beberapa alasan mengapa korelasi harga emas dengan minyak positif, antara lain:

– Kedua komoditas tersebut diperdagangkan dalam dolar AS, sehingga pergerakan nilai tukar dolar AS akan mempengaruhi permintaan dan penawaran kedua komoditas tersebut.
– Kenaikan harga minyak dapat meningkatkan biaya produksi emas, karena penambangan emas membutuhkan bahan bakar minyak. Hal ini dapat mengurangi pasokan emas dan mendorong harga emas naik.
– Kenaikan harga minyak dapat meningkatkan ekspektasi inflasi, karena minyak merupakan input penting bagi berbagai sektor ekonomi. Hal ini dapat meningkatkan permintaan emas sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi.

Namun, korelasi harga emas dengan minyak tidak selalu konstan atau kuat. Korelasi dapat berubah-ubah tergantung pada faktor-faktor lain yang mempengaruhi pasar emas dan minyak, seperti kondisi geopolitik, permintaan industri, penemuan cadangan baru, kebijakan moneter, dan lain-lain. Korelasi juga dapat berbeda untuk periode waktu yang berbeda, misalnya korelasi harian, mingguan, bulanan, atau tahunan.

tenma dijawab 9 bulan lalu
setelah saya melihat chart menurut saya korelasi emas dan minyak adalah positif