bitcoin halving dan dampak ke investasi kripto

PertanyaanKategori: Kriptobitcoin halving dan dampak ke investasi kripto
C Sasmito tanya 2 bulan lalu
apakah benar ada peristiwa bitcoin halving dan apa dampak ke investasi kripto?

2 Jawaban
Christa Wjaya dijawab 2 bulan lalu
Ya, Bitcoin halving adalah peristiwa yang terjadi ketika hadiah untuk penambangan transaksi Bitcoin dipotong setengah. Halving mengurangi laju di mana koin baru diciptakan dan dengan demikian mengurangi jumlah pasokan baru yang tersedia. Ini mempengaruhi investasi kripto dengan beberapa cara:

1. Penurunan Hadiah Penambangan: Setelah halving, hadiah yang diberikan kepada penambang untuk memvalidasi transaksi dan menambahkannya ke blockchain berkurang sebesar 50%. Ini mengurangi pasokan baru Bitcoin yang masuk ke peredaran.

2. Peningkatan Kecenderungan Kekurangan Pasokan: Karena hanya ada 21 juta Bitcoin yang akan ada, halving membuatnya semakin langka. Kekurangan pasokan ini, bersama dengan peningkatan permintaan setelah peristiwa halving sebelumnya, dapat menyebabkan tekanan harga ke atas.

3. Efek Jangka Pendek dan Jangka Panjang: Secara jangka pendek, halving dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara jumlah pembeli dan penjual, yang mempengaruhi harga. Namun, dalam jangka panjang, industri dapat berkembang dengan lebih banyak pengguna, kapitalisasi pasar yang lebih tinggi, dan likuiditas yang lebih besar.

4. Pengaruh pada Harga Bitcoin: Beberapa analis memperkirakan harga Bitcoin akan melemah setelah halving karena hadiah penambangan yang lebih rendah. Namun, faktor lain seperti permintaan dan adopsi juga memainkan peran penting.

Ingatlah bahwa pasar kripto sangat dinamis dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Oleh karena itu, selalu bijaksana untuk melakukan riset dan berkonsultasi dengan ahli sebelum membuat keputusan investasi.

tenma dijawab 2 bulan lalu
dampak halfing jelas akan membuat BTC semakin bullish dan ini akan diikuti kenaikan harga aset aset kripto lainnya