Kenapa Silicon Valley Bank Bangkrut?

PertanyaanKategori: EkonomiKenapa Silicon Valley Bank Bangkrut?
Sonia Susanti tanya 1 tahun lalu
Lagi ramai tentang Silicon Valley Bank, kenapa Silicon Valley Bank bangkrut?

2 Jawaban
Christa Wjaya dijawab 1 tahun lalu
Menurut berbagai sumber berita, Silicon Valley Bank (SVB) bangkrut karena tidak tahan terhadap kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed). Kebangkrutan SVB berdampak negatif secara global dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor dan nasabah. Kronologi kebangkrutan SVB adalah sebagai berikut:

– Pada 8 Maret 2023, SVB mengumumkan telah menjual sejumlah sekuritas yang mengalami kerugian dan berencana untuk menjual saham baru senilai USD 2,5 miliar untuk menopang neraca keuangan.
– Pada 9 Maret 2023, nilai saham SVB anjlok dan menyeret sejumlah bank lainnya ikut jatuh. SVB juga gagal meningkatkan modal atau mencari pembeli.
– Pada 10 Maret 2023, regulator di California menutup SVB setelah mengalami krisis modal selama 48 jam. Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) kemudian ditunjuk sebagai pengendali dan mengambil alih simpanan sekitar USD 175 miliar di bank tersebut.
– Pada 13 Maret 2023, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa sistem perbankan AS aman dan akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk menangani kegagalan SVB. FDIC juga menunjuk mantan CEO Fannie Mae, Tim Mayopoulos sebagai CEO baru SVB.

jimmy dijawab 1 tahun lalu
ternyata manajer investasi haruslah yang paling piawai dalam penempatan dana investasi dan pembiayaan bisnis.