Kenapa suku bunga negara maju lebih kecil daripada negara berkembang?

PertanyaanKategori: EkonomiKenapa suku bunga negara maju lebih kecil daripada negara berkembang?
Agus Alamsyah tanya 11 bulan lalu
Suku bunga negara mempengaruhi pasar forex karena mempengaruhi nilai tukar mata uang negara tersebut terhadap mata uang lainnya. Kenapa suku bunga negara maju lebih kecil daripada negara berkembang?

2 Jawaban
Sonia Susanti dijawab 11 bulan lalu
Suku bunga adalah harga dari uang yang dipinjam atau disimpan. Suku bunga ditentukan oleh permintaan dan penawaran uang di pasar, serta oleh kebijakan moneter yang dilakukan oleh bank sentral. Secara umum, suku bunga negara maju lebih kecil daripada negara berkembang karena beberapa alasan, antara lain:

Negara maju memiliki inflasi yang lebih rendah dan lebih stabil daripada negara berkembang. Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus. Inflasi yang tinggi dan tidak terkendali akan mengurangi daya beli uang dan menimbulkan ketidakpastian ekonomi. Oleh karena itu, negara berkembang harus menetapkan suku bunga yang lebih tinggi untuk menarik investasi dan menjaga nilai tukar mata uangnya.

Negara maju memiliki risiko kredit yang lebih rendah daripada negara berkembang. Risiko kredit adalah kemungkinan bahwa peminjam tidak dapat membayar kembali pinjaman sesuai dengan perjanjian. Risiko kredit yang tinggi akan meningkatkan biaya pinjaman dan menurunkan biaya simpanan. Oleh karena itu, negara berkembang harus menawarkan suku bunga yang lebih tinggi untuk mengkompensasi risiko kredit yang lebih besar.

Negara maju memiliki likuiditas pasar yang lebih tinggi daripada negara berkembang. Likuiditas pasar adalah kemampuan untuk menjual atau membeli aset dengan cepat dan mudah tanpa mengubah harganya secara signifikan. Likuiditas pasar yang tinggi akan meningkatkan efisiensi dan transparansi pasar, serta menurunkan biaya transaksi. Oleh karena itu, negara berkembang harus memberikan suku bunga yang lebih tinggi untuk mendorong partisipasi pasar dan meningkatkan likuiditas pasar.

Suku bunga yang berbeda antara negara maju dan negara berkembang memiliki dampak positif dan negatif bagi perekonomian global. Di satu sisi, suku bunga yang lebih tinggi di negara berkembang dapat menarik arus modal masuk (capital inflow) dari negara maju, yang dapat digunakan untuk membiayai pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Di sisi lain, suku bunga yang lebih tinggi di negara berkembang juga dapat meningkatkan risiko arus modal keluar (capital outflow) jika terjadi gejolak ekonomi atau politik, atau jika suku bunga di negara maju naik secara tajam. Oleh karena itu, negara berkembang perlu menerapkan kebijakan makroekonomi yang prudent dan fleksibel untuk menjaga stabilitas ekonomi dan keuangan.

vv General dijawab 11 bulan lalu

ini karena negara maju mengharapkan return yang tinggi atas investasi, jadi mereka mengembangan bisnis peminjaman internasional ,investasi, yang menarik profit tinggi dari luar negara mereka, sedangkan mereka sendiri membayar pinjaman bunga rendah di negara mereka sendiriĀ 
________________
Join dan Trading di Broker Amarkets dapatkan cashback hingga $17.lot