Siapa Silicon Valley Bank?

PertanyaanKategori: EkonomiSiapa Silicon Valley Bank?
Sonia Susanti tanya 1 tahun lalu
Siapa Silicon Valley Bank? Kenapa kebangkrutan Silicon Valley Bank memiliki dampak negatif?

2 Jawaban
Christa Wjaya dijawab 1 tahun lalu
Silicon Valley Bank (SVB) adalah sebuah bank komersial yang berbasis di Santa Clara, California, Amerika Serikat. SVB menyediakan produk dan layanan keuangan untuk perusahaan rintisan teknologi dan ilmu kehidupan yang didukung oleh modal ventura. SVB juga memiliki cabang di Inggris dan beberapa negara lain.

Pada 10 Maret 2023, SVB ditutup oleh regulator di California setelah mengalami krisis modal akibat kenaikan suku bunga The Fed dan penarikan dana besar-besaran oleh deposan. Ini merupakan kegagalan bank terbesar di AS sejak tahun 2008. Pemerintah AS kemudian menjamin semua deposito SVB dan mencari pembeli untuk bank tersebut.

Kebangkrutan Silicon Valley Bank (SVB) memiliki dampak negatif karena:

– Menimbulkan kepanikan dan ketidakpercayaan di antara deposan, investor, dan pelaku usaha yang berhubungan dengan SVB.
– Menyebabkan penundaan pembayaran dan kesulitan bagi perusahaan rintisan teknologi dan ilmu kehidupan yang didanai oleh SVB atau modal ventura afiliasinya.
– Memicu ketidakpastian global yang bisa mempengaruhi pasar keuangan, harga minyak, dan nilai tukar mata uang di berbagai negara.

jimmy dijawab 1 tahun lalu
penjelasan yang luar biasa, saya agak merasa miris bank besar melakukan penempatan investasi secara serampangan dan menjadi bangkrut