Apa itu Correlation Trading?

PertanyaanKategori: Strategi TradingApa itu Correlation Trading?
Agung Gatot tanya 8 bulan lalu
Apa itu correlation trading dan bagaimana cara menggunakannya?

1 Jawaban
butuhuang dijawab 8 bulan lalu
Correlation trading adalah strategi trading yang memanfaatkan hubungan antara dua atau lebih pasangan mata uang. Correlation adalah ukuran statistik yang menunjukkan seberapa kuat dan arah hubungan linear antara dua variabel. Dalam trading forex, correlation menunjukkan seberapa sering dan seberapa jauh harga dua pasangan mata uang bergerak bersamaan atau berlawanan.

Correlation trading bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti:

– Mendiversifikasi portofolio
– Memprediksi pergerakan harga
– Mengeksploitasi peluang arbitrase

Untuk melakukan correlation trading, Anda perlu mengetahui nilai correlation dari pasangan mata uang yang Anda perdagangkan. Nilai correlation berkisar antara -1 hingga +1. Nilai -1 berarti pasangan mata uang memiliki correlation negatif sempurna, yaitu bergerak ke arah yang berlawanan 100% dari waktu. Nilai +1 berarti pasangan mata uang memiliki correlation positif sempurna, yaitu bergerak ke arah yang sama 100% dari waktu. Nilai 0 berarti pasangan mata uang tidak memiliki correlation sama sekali, yaitu bergerak secara acak.

Anda bisa menggunakan tabel correlation untuk melihat nilai correlation dari berbagai pasangan mata uang dalam periode waktu tertentu. Anda juga bisa menggunakan indikator correlation atau alat online untuk menghitung nilai correlation secara otomatis.