Apa itu Pola Harmonik?

PertanyaanKategori: Analisa TeknikalApa itu Pola Harmonik?
Budi Pamungkas tanya 2 minggu lalu
Dalam dunia trading sangat banyak istilah-istilah atau kata yang kurang saya pahami. Misalnya pola harmonik. Apa yang dimaksud dengan pola harmonik?

1 Jawaban
Trader Pensiun dijawab 2 minggu lalu
Pola harmonik (Harmonic Patterns) atau sering juga disebut pola XABCD merupakan alat analis yang diciptakan oleh Harold McKinley Gartley. Untuk menyorot berbagai lima titik pola grafik, pengguna dapat secara manual menggambar dan manuver lima poin yang terpisah (XABCD). Poin XABCD membuat empat kaki terpisah yang bergabung untuk membentuk pola grafik. Keempat kaki yang disebut sebagai XA, AB, BC, dan CD.

Masing-masing dari lima poin (XABCD) mewakili tertinggi yang signifikan terendah dalam hal harga pada grafik. Oleh sebab itu, empat kaki yang disebutkan sebelumnya (XA, AB, BC, CD) merupakan tren yang berbeda atau pergerakan harga yang bergerak berlawanan arah.

Akibatnya ada empat grafik pola XABCD yang paling umum. Pola-pola ini dapat berupa bullish atau bearish. Keempat pola utama meliputi: Pola Gartley, pola butterfly (kupu-kupu), pola crub (kepiting) dan pola Bat (Kelelawar).