Jelaskan Perbedaan Trading Future dan Trading Margin?

PertanyaanKategori: Program InvestasiJelaskan Perbedaan Trading Future dan Trading Margin?
C Sasmito tanya 8 bulan lalu
Jelaskan apa perbedaan trading future dan trading margin?

1 Jawaban
Christa Wjaya dijawab 8 bulan lalu
Perbedaan trading future dan trading margin adalah sebagai berikut:

– Trading future adalah transaksi perdagangan derivatif yang menggunakan kontrak untuk membeli atau menjual aset dasar pada harga dan waktu yang telah ditentukan di masa depan. Trading future dilakukan di pasar berjangka yang memiliki aturan dan standar yang baku.
– Trading margin adalah transaksi perdagangan yang menggunakan pinjaman dari broker atau exchange untuk membeli lebih banyak aset daripada modal yang dimiliki. Trading margin dilakukan di pasar spot yang memiliki fleksibilitas dan variasi yang lebih besar.

Beberapa perbedaan lain antara trading future dan trading margin adalah:

– Trading future memiliki expiration date atau tanggal kedaluwarsa kontrak, sedangkan trading margin tidak memiliki batas waktu selama trader bisa membayar bunga pinjaman.
– Trading future memiliki margin requirement atau persyaratan margin yang lebih rendah daripada trading margin, sehingga trader bisa mendapatkan leverage yang lebih besar dengan modal yang lebih kecil.
– Trading future memiliki mark-to-market atau penyesuaian harga kontrak setiap hari sesuai dengan harga pasar, sedangkan trading margin tidak memiliki penyesuaian harga aset.
– Trading future memiliki contract size atau ukuran kontrak yang tetap dan baku, sedangkan trading margin memiliki ukuran transaksi yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan trader.