Apa yang Dimaksud Strategi Hedge Range?

PertanyaanKategori: Strategi TradingApa yang Dimaksud Strategi Hedge Range?
Sonia Susanti tanya 4 minggu lalu
Apa yang dimaksud dengan hedge range dan bagaimana cara menggunakan strategi hedge range dalam trading forex?

1 Jawaban
titikkoma dijawab 4 minggu lalu
Strategi Hedge Range merupakan strategi hedging dengan memanfaatkan salah satu kondisi market yaitu saat pasar range-bound (rentang terikat) atau dapat juga diartikan sebagai penerapan strategi hedging di saat market ranging (sideway).

Strategi hedging cukup sederhana untuk itu strategi ini sangat cocok untuk trader pemula yang ingin mendapatkan profit dengan memanfaatkan startegi hedging. Dilakukan dengan direct hedging.

Cara menggunakan strategi hedge range yaitu:

  • Identifikasi terlebih dahulu, bahwa market dalam kondisi ranging atau sideway.
  • Identifikasi rentang harga dengan cara menggambar garis support dan resistance dengan garis horisontal.
  • Sebagai contoh, kita sedang mengambil posisi buy EUR/USD di level harga 1.20xx , pada saat yang sama kita juga mengambil posisi sell di level harga 1.20xx sebagai hedge (hedging), sampai di sini kita sudah memitigasi resiko trading kita.
  • Setelah melakukan hedge, kemungkinan harga bergerak menyentuh dan melakukan re-test di level resistance, di situ posisi buy yang kita ambil katakanlah sudah profit +100 pips dan posisi sell -100 pips. Lalu kita menutup posisi buy (+100 pips) untuk mengantisipasi harga memantul atau turun dari level resistance dan tetap hold posisi sell.
  • Jika benar harga turun dari titik resistance menuju ke support maka posisi sell +0 pips dan kita bisa menutup posisi sell di titik impas. Dengan begitu kita sudah mendapatkan profit +100 pips.
  • Strategi hedge range dapat diulang selama kondisi pasar masih diprediksi dalam kondisi ranging.
  • Untuk mencobanya, gunakan terlebih dulu menggunakan akun demo, hingga Anda benar-benar paham dan profit konsisten.