Apakah negara luar juga mempengaruhi ekonomi suatu negara?

PertanyaanKategori: EkonomiApakah negara luar juga mempengaruhi ekonomi suatu negara?
Nugroho Saja tanya 11 bulan lalu
Apakah negara luar juga mempengaruhi ekonomi suatu negara?

2 Jawaban
Gita Novalia dijawab 11 bulan lalu
Ya, negara luar juga mempengaruhi ekonomi suatu negara. Negara-negara di dunia saling berinteraksi dan bertransaksi dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi. Ada beberapa cara negara luar mempengaruhi ekonomi suatu negara, antara lain:

– Perdagangan. Kegiatan ekspor dan impor barang dan jasa antar negara dapat mempengaruhi neraca perdagangan, devisa, dan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

– Tenaga kerja. Negara luar dapat menjadi sumber atau tujuan tenaga kerja yang berkualitas dan produktif. Tenaga kerja yang masuk atau keluar dari suatu negara dapat mempengaruhi pendapatan, konsumsi, dan investasi di negara tersebut.

– Penanaman modal. Negara luar dapat menanamkan modal ke sejumlah badan usaha di suatu negara, baik dalam bentuk modal asing langsung (FDI) maupun modal asing tidak langsung (FPI). Penanaman modal dapat meningkatkan kapasitas produksi, teknologi, dan kesejahteraan di negara penerima modal.

– Pemberian pinjaman. Negara luar dapat memberikan pinjaman kepada negara lain dalam bentuk bantuan, utang, atau hibah. Pinjaman ini dapat digunakan untuk membiayai pembangunan, mengatasi defisit anggaran, atau menghadapi krisis ekonomi.

– Faktor-faktor global. Negara luar juga dapat mempengaruhi ekonomi suatu negara melalui faktor-faktor global yang bersifat makroekonomi, politik, sosial, budaya, atau lingkungan. Faktor-faktor ini dapat menciptakan peluang atau tantangan bagi negara-negara di dunia.

Belalang dijawab 11 bulan lalu
selama ada jalinan kerja sama ekonomi ,politik dan militer , gejolak dan tindakan suatu negara dapat memperngaruhi negara yang berbuhungan baik bilateral maupun multi lateral