Apa itu Asset Liability Management?

PertanyaanKategori: EkonomiApa itu Asset Liability Management?
Abdul Ghani tanya 11 bulan lalu
Jelaskan apa yang dimaksud Asset Liability Management? Berikan contoh dari Asset liability Management?

1 Jawaban
Christa Wjaya dijawab 11 bulan lalu
Asset Liability Management (ALM) adalah praktik yang digunakan oleh lembaga keuangan untuk memitigasi risiko keuangan akibat ketidaksesuaian aset dan kewajiban. Strategi ALM menggunakan kombinasi manajemen risiko dan perencanaan keuangan dan sering digunakan oleh organisasi untuk mengelola risiko jangka panjang yang dapat timbul karena perubahan kondisi pasar, seperti suku bunga, likuiditas, atau kredit. ALM bertujuan untuk mencocokkan aset dan kewajiban secara optimal, sehingga meningkatkan efisiensi dan profitabilitas sekaligus mengurangi risiko.

Beberapa contoh risiko yang ditangani oleh ALM adalah:

– Risiko suku bunga, yaitu risiko kerugian akibat perubahan suku bunga yang mempengaruhi nilai aset dan kewajiban. Misalnya, jika suku bunga naik, nilai obligasi yang dimiliki bank akan turun, sementara nilai deposito yang menjadi kewajiban bank akan naik. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara aset dan kewajiban bank.
– Risiko likuiditas, yaitu risiko ketidakmampuan untuk memenuhi kewajiban jatuh tempo dengan menggunakan aset yang tersedia atau dengan biaya yang wajar. Misalnya, jika bank mengalami penarikan dana besar-besaran oleh nasabah, bank harus menjual asetnya dengan cepat untuk membayar nasabah. Hal ini dapat menyebabkan kerugian karena aset dijual di bawah harga pasar.
– Risiko kredit, yaitu risiko gagal bayar atau penurunan kualitas kredit dari pihak yang berhutang kepada lembaga keuangan. Misalnya, jika bank memberikan pinjaman kepada nasabah yang tidak mampu membayar kembali pinjaman tersebut, bank akan mengalami kerugian karena tidak mendapatkan bunga dan pokok pinjaman.